PERBEDAAN VISUAL MANUSIA DENGAN VISUAL HEWAN (Elang) - (Tugas Komunikasi Visual)

Visual Manusia

Mata adalah alat indra yang secara konstan menyesuaikan pada jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera di hantarkan pada otak. Penglihatan pada manusia melibatkan deteksi gelombang cahaya yang sangat sempit dengan panjang gelombang sekitar 400 sampai 750 nm.


Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan kesemua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat. Kerusakan salah satu fungsi bagiannya saja akan menjadikan mata mustahil dapat melihat. Lapisan tembus cahaya di bagian depan mata adalah kornea, tepat dibelakangnya terdapat iris.

Selain memberi warna pada mata, iris juga dapat merubah ukurannya secara otomatis sesuai kekuatan cahaya yang masuk, dengan bantuan otot yang melekat padanya. Misalnya ketika berada di tempat gelap iris akan membesar untuk memasukkan cahaya sebanyak mungkin. Ketika kekuatan cahaya bertambah, iris akan mengecil untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata. Ketika cahaya mengenai mata sinyal saraf terbentuk dan dikrimkan ke otak, untuk memberikan pesan tentang keberadaan cahaya, dan kekuatan cahaya. Lalu otak mengirim balik sinyal dan memerintahkan sejauh mana otot disekitar iris harus mengerut.

Secara singkat Mekanisme melihat adalah :
1. Cahaya memantulkan citra objek dan terhantar pada garis lurus menuju mata Anda
2. Cahaya masuk melalui kornea menuju pupil dan diteruskan ke lensa mata
3. Kornea dan lensa membelokkan (membiaskan) cahaya agar difokuskan ke retina
4. Sel fotoreseptor pada retina mengonversikan cahaya menjadi gelombang elektrik
5. Gelombang elektrik mengalir melalui saraf optik menuju otak
6. Otak memproses sinyal-sinyal tersebut menjadi sebuah bayangan

Visual Hewan Elang

Elang merupakan salah satu burung pemangsa yang penglihatannya bahkan bisa melebihi penglihatan manusia. Burung memiliki mata yang unik. Walaupun mata burung itu kecil, tapi mereka memiliki penglihatan yang baik. Salah satu rahasia kenapa penglihatan elang bisa sangat tajam adalah elang bisa membedakan warna. Menurut penelitian, elang harris atau Parabuteo unicinctus memiliki penglihatan warna terbaik dari semua hewan, bahkan dari semua jenis elang yang ada. 



Retina mata elang dilapisi dengan sel pendeteksi cahaya sehingga elang bisa melihat hal-hal lebih detail. Walaupun sedang dalam keadaan terbang dengan cepat, elang tetap bisa fokus melihat mangsanya. Kemampuan penglihatan yang sangat baik dan geraknya yang cepat ini membuat elang hampir selalu bisa menangkap mangsanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking - M8 - 14 NOV 2023